Taiwan, I’m in Love

Rollz janji ini yang terakhir cerita tentang liburan yang sudah-sudah. Kalau yang ini yang pergi cuma rollz ama Mr. Kui. Sudah direncanain sejak Juli atau Agustus 2016. Cuma perginya baru Desember 2016. Perginya pun agak maksa. Lho kenapa? Jadi sebenernya rollz sudah punnya kan jadwal pergi ini. Tapi entah kenapa, kita booking bazaar pas waktu kita pulang, plus masih ada pop up arena yang belum selesai. Jadi waktu ngerencanain tu kita ga mikir bakal ada bisnis yang kayak gini, tapi pas mau hari H koq ada aja kerjaan. Agak maju mundur lho mau pergi kemarin. Soal kerjaan nanti rollz bikin terpisah ya biar puas nulisnya.

Singkat cerita, akhirnya rollz ama Mr. Kui tetep berangkat. Oh ya, seperti postingan kemarin, bakal lebih banyak cerita daripada foto-foto ya di postingan liburannya rollz :p

Liburan kali ini tanpa tour, dan bukan pas peak season. Ini tengah desember tapi lupa deh tanggal berapa tepatnya. Rollz perginya 3 hari 2 malam aja, cuma ke Taipei aja, tanpa ke kota-kota lain. Dan ngga ke explore semua. Ke Taipei 101 aja belum kesampaian.

Karena ambil tiket promo, dari Jakarta rollz berangkat subuh ke Hongkong, trus delay beberapa jam trus lanjut ke Taipei. Sampai Taipei tu siang-siang gitu. Oh ya, Mr. Kui uda pernah ya ke Taipei, sedangkan rollz sebagai first timer disini. Kita nginep di daerah Ximending. Karena berdua, ambil hotel yang agak terpelosok kita. Jalan sekitar 10 menit dari subway. Tapi yang kita lewati tu adalah pusat makanan, jadi 10 menit bisa jadi double kalo ama kita. Cuma di awal kita tahan-tahan biar ga laper mata. Langsung ke hotel pokoknya! Hotel kita tu terpelosok, naik ke lantai 5 atau 6 gitu dari bangunan lain. Jadi di bawah ga keliatan kalo itu hotel. Istirahat sebentar dan langsung jalan.

1482003293697
dateng langsung nyemil

Wahhh Taipei, yang terkenal ya street snack nya. Langsung nyobain Hot Star disana. Ya ampun, yang di Indonesia mah lewat Hotstar nya. Harus coba!! Ayamnya jauh lebih juicy, pas rollz kesana udara Taiwan agak sepoi-sepoi. Jadi cepet lapernya kita. Nyobain beberapa street snack di Ximending, habisin Ximending malem itu. Muter-muter disana. Mau lanjut ke Shilin koq perut sudah ga kuat. Langsung lah balik hotel dan tidur.

Hari berikutnya, kita cari breakfast di daerah hotel. Sudah kebiasaan kalau pergi sendiri dan mau nyantai, kita ga pesen breakfast. Kita pergilah cari taiwanese breakfast, semacem cakue & susuย kacang gitu. Susu kacang nya oke, tapi cakue nya biasa aja kalo menurut rollz. Abis breakfast, mau balik hotel bentar, kita malah nyasar. Dan akhirnya kita nemu salah satu restoran yang jual ayam goreng. Wah ini enakkk! Ayam gorengnya dikasi saos plum. Yang pasti kita lupa namanya apa, tapi kita sampe 2x mampir ke restoran ini. Hahahaha..

20161211_182952
ayam enak pake saos plum
1482003295144
nama resto ayam enak :p

Lanjut lah kita ke Taipei Main Station dengan tujuan tukar uang. Iyah, kita bawa duit Taiwan itu seadanya aja, dan terbukti dengan uang minimal, kita bisa makan seharian kemarin dan hari itu. Tapi kalo lanjut kan kurang ya, ternyata susah-susah gampang! Tukernya kalo di shopping mall jatuhnya mahal banget, lebih recommended di bank. Nahh awalnya kan tujuan kita di Taipei 101, berujung dengan mengagumi Taipei 101 dari jauh aja. Jadi dari Taipei Main Station, kita kan jalan cari-cari bank. Nah pas otw ke bank itu, kita melihat Snow Ice yang rasa mangga itu! Yang sering muncul dimana-mana gambarnya. Siapa yang ga penasaran? Abis ke bank itu mampir lah kita kesana, maem snow ice dulu. Abis gitu, ada toko pernak-pernik. Maklum ya kalo ada toko pernak-pernik gitu kita bakal habisin banyak waktu disana. Lalu kita masih main-main di underground mall nya Taipei Main Station. Nemu orang yang jual puzzle, oleh-oleh buat mama. Mama demen banget ama puzzle, rollz juga! Ada beli si tapi belum dibikin ni sampe sekarang. Plus beli payung buat oleh-oleh. Ntah denger dari mana kata Mr. Kui, Taiwan itu terkenal dengan payungnya. Karena belanjaan sudah mulai banyak, akhirnya kita ga jadi mampir ke Taipei 101, malah balik ke hotel. Sebelum balik hotel mampir dulu beli ayam goreng lagi, tapi kali ini bentuknya yang kayak popcorn chicken! Enak jugaaa!

1482003292939
snow ice mango

Setelah istirahat bentar, kita akhirnya lanjut ke Raohe Night Market. Ini kan malam terakhir di Taipei, masak iya ngga ke night market sama sekali. Wah, mata rollz langsung ijo! Liat kanan kiri koq pingin coba semua. Ada sekitar setengah jam kita disana, dan ga berhenti ngunyah! Hahahaha.. Kalo bisa semua dimakan, uda dimakan itu #eluselusperut

wp-image-1319106966
cemilan yang ga tau aturan
1482003292542
snow ice di Shilin

Sebenernya sudah jam 830 an waktu itu, mau pulang koq nanggung. Akhirnya kita lanjut ke Shilin Night Market. Niatnya si liat-liat aja. Soalnya Shilin ini banyak yang jualan souvenir-souvenir juga. Si Mr. Kui si uda pernah, tapi katanya masak iya ga ke Shilin. Ya sudah lah nurut. Ujung-ujungnya, kita nyemil lagi donk. Hahahaha.. Kali ini plus bubble tea. Bubble tea nya beli tanpa merk lho. Tapi nyam-nyam maximal. Disini ga pernah doyan bubble tea, tapi disana, minum tiap hari pun rela. Dan belum ke Shilin kalo belum makan snow ice. Makan lagi ngga? Ayo tebak!

Pasti donk! #eluselusperut

Balik ke hotel, sambil bawa tentengan camilan. Liburan kali ini mantap!! Isinya makan ini makan itu, koper juga masih kosong. Ga terlalu nambah banyak barang.

Breakfast hari ketiga ga mau makan cakue lagi, langsung ke restoran ayam goreng yang nyasar itu. Makan lah kita disana. Enakkk, abis gitu kita langsung ke Xinyi Road, nyari Din Tai Fung. Restoran pertamanya. Antrinya uda ngelebihin antri sembako, tapi cepet itungannya. Wah menu yang ditawarkan beda! Kita pesen beberapa aja, karena rollz sebenernya kurang doyan xiao long bao, eh tapi disini entah kenapa beda rasanya. Bahkan cocolannya aja beda rasanya. Bahagia banget bisa nyobain dintaifung di Taipei. Habis muter-muter sebentar disana, nurunin makanan sebentar, kita balik lagi ke hotel. Tapi sebelumnya masih muter-muter di Ximending. Nyemil lagi. Hahahaha.. Plus muter ke hotel kita tapi lewat jalan lain. Ehhh nemu bubble tea yang lumayan ada namanya di Taiwan. Ya sudah kita mampir donk.

1482003293440
Din Tai Fung pertama
wp-image-1414720224
Xiao Long Bao enak :p

Setelah beli ayam yang kayak popcorn buat dicemil, kita balik ke airport. Dan malemnya kita balik ke Jakarta. Inget banget tu sampe Jakarta sore-sore. Trus malemnya kita langsung loading barang buat bazaar. Hahahaha.. Oh ya, pas kita balik, kita ternyata di upgrade lho, dari economy jadi bisnis. Rezeki anak baik ya :p

1482003291763
narsis dulu sebelum tidur

Selama di Taipei, kita ga pernah makan proper meal. Beef noodle blom coba, nasi taiwan yang katanya enak juga belom sempet coba. Perut ini penuh dengan nyemil. Dan 3 hari 2 malem kurang!! Rollz pasti balik lagi ke Taiwan! Kali ini lebih lama pastinya, dan ga cuma ke Taipei aja. Nabung lagi :p